Kamis, 12 Januari 2012

Grand Opening Minimarket Tahap Dua

Jika Anda Belum Membaca Artikel saya sebelumnya tentang format Grand Opening Minimarket sebaiknya anda membaca artikel sini .Tujuan Grand Opening sendiri itu adalah untuk membuat pelanggan potensial mengetahui bahwa sebuah store telah dibuka dan membuat mereka mengubah perilaku berbelanja mereka dan pada akhirnya menjadikan store yang baru ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rencana belanja rutin mereka. Beberapa tujuan khususnya adalah:
1. Membangun “awareness” akan keberadaan store baru
2. Memotivasi pelanggan potensial untuk mengunjungi store baru dengan menyediakan berbagai alasan yang berarti bagi mereka
3. Mendorong terjadinya bisnis yang berkelanjutan dengan menyediakan berbagai produk dan jasa yang tak tergantikan
4. Menjadikan Store sebagai bagian dari rutinitas pelanggan 5. Menjadikan Store sebagai bagian dari komunitas masyarakat

Rabu, 11 Januari 2012

Mendirikan Bisnis Retail

Dalam Mendirikan Bisnis Retail SOP menjadi dasar yang sangat penting untuk perkembangan bisnis retail anda .Standard Operating Procedure (SOP) Saya akan coba sedikit mengupas mengenai SOP, 3 (tiga) huruf yg mempunyai peranan penting di dalam bisnis anda, tidak hanya pada bisnis ritel, tapi juga pada bidang bisnis lain seperti restaurant, Laundry, Tour & Travel dll.

Sering kali saya kalau pas lagi ketemu dengan temen-temen pengusaha retail mereka selalu mengeluh karena di pusingkan oleh masalah karyawan, mereka bilang “pusing ah karyawan baru kerja 2 bulan eh udah keluar baru kerja satu bulan keluar juga, pusiiiing ngajari karyawan baru terus”. Ini lain lagi ceritanya, kata salah satu temen saya yang lain “Aku itu dapat karyawan kok bodoh, udah di kasih tahu begini, eh besok yang di kerjakan …salah lagi salah mesti pakai bahasa apa ya….?”, dan masih banyak lagi cerita atau keluhan-keluhan lain, kalau saya tulis semua bisa satu buku sendiri. Saya yakin Anda sebagai pengusaha pasti pernah atau mengalami hal-hal seperti tersebut di atas.

Grand Opening Minimarket

Waw Grand Opening Minimarket anda Sebentar lagi. Minimarket Anda adalah tempat pemberhentian yang nyaman, cepat, dengan pelayanan yang ramah. Selain itu produk makanan dan minumannya disajikan dalam nuansa yang menarik.  Kesan Pertama akan membekas selamanya, sebab itu ciptakanlah lingkungan dan image yang baik sejak awal. Sebaiknya jadikanlah acara Grand Opening sebagai sebuah perayaan di lingkungan store berada. Perlihatkan antusiasme anda dan jadikan store anda sebagai pusat perhatian. Undanglah media dalam acara pembukaan, para pemuka masyarakat dan orang-orang dari komunitas bisnis. Mengapa mereka diundang? Ingat! anda akan mempekerjakan orang yang tinggal di wilayah itu, menyumbang pajak, dan mendukung lembaga keuangan lokal. Keterlibatan anda dengan kelompok amal, sekolah dan berbagai lembaga penting di daerah sekitar akan membuat mereka tertarik. Publikasi juga akan memberi dampak yang luas dalam memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat sekitar.