Kamis, 12 Januari 2012

Grand Opening Minimarket Tahap Dua

Jika Anda Belum Membaca Artikel saya sebelumnya tentang format Grand Opening Minimarket sebaiknya anda membaca artikel sini .Tujuan Grand Opening sendiri itu adalah untuk membuat pelanggan potensial mengetahui bahwa sebuah store telah dibuka dan membuat mereka mengubah perilaku berbelanja mereka dan pada akhirnya menjadikan store yang baru ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rencana belanja rutin mereka. Beberapa tujuan khususnya adalah:
1. Membangun “awareness” akan keberadaan store baru
2. Memotivasi pelanggan potensial untuk mengunjungi store baru dengan menyediakan berbagai alasan yang berarti bagi mereka
3. Mendorong terjadinya bisnis yang berkelanjutan dengan menyediakan berbagai produk dan jasa yang tak tergantikan
4. Menjadikan Store sebagai bagian dari rutinitas pelanggan 5. Menjadikan Store sebagai bagian dari komunitas masyarakat



YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM GRAND OPENING
Grand Opening merupakan kesempatan untuk memperkenalkan diri anda dan store anda kepada komunitas masyarakat sekitar. Pastikan bahwa kunjungan pertama mereka merupakan pengalaman yang menyenangkan. Hal tersebut akan mendorong mereka untuk datang kembali secara rutin dan menambah daftar pelanggan kita. Memiliki pelanggan yang setia (loyal customer) merupakan tulang punggung suksesnya usaha. Perencanaan dan pengorganisasian yang menyeluruh dan berkelanjutan akan menjaminan terbentuknya kesan pertama yang sempurna. Buku Panduan ini dapat membimbing anda dalam mewujudkannya.

Store Harus 100% Siap Store harus benar-benar telah siap dioperasikan sebelum merayakan Grand Opening. Store harus dalam kondisi bersih, memiliki stok yang cukup dan memperkerjakan karyawan yang kompeten, ramah, dan antusias. Adanya kekurang-siapan dapat menimbulkan kesan yang kurang baik dan membuat mereka enggan untuk datang kembali. Ingat, bisnis yang berkelanjutan adalah kunci utama sukses tidaknya anda dalam menjalankan usaha ini. Berikan waktu yang cukup bagi diri anda sendiri dan store anda untuk memperisapkan pelaksanaan Grand Opening – beberapa minggu sampai dua bulan sebelum perayaan Grand Opening itu sendiri. Sehingga store anda benar-benar siap 100% lalu anda dapat bersantai menikmati perayaan tanpa adanya kekhawatiran ada pengunjung yang tidak puas. Sebarkan Pengumuman Seluas-luasnya Informasikan dan undang sebagian besar kontak bisnis anda untuk mengambil bagian dalam acara Grand Opening. Pastikan anda telah memberikan tenggang waktu yang cukup bagi rekanan anda. Supplier akan senang dapat membantu dan bekerja sama menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Mereka menginginkan anda sukses, yang pada akhirnya membawa kesuksesan bagi mereka juga. Biasanya supplier dapat menyediakan berbagai peralatan promosi yang menarik dan menyenangkan untuk diletakkan di dalam dan di luar store, termasuk di counter kasir (POS). Apabila diberitahukan lebih awal, mereka mungkin bisa menjadi sponsor dalam acara Grand Opening. Agar pencarian sponsor optimal, sebaiknya anda telah menerima kepastian sponsor paling lambat sembilan minggu sebelum Grand Opening Minimarket anda sehingga semua rencana dapat dilaksanakan. Kenali Area Perdagangan Riset yang dilakukan saat memilih lokasi dapat digunakan untuk membantu membuat keputusan-keputusan mengenai marketing dan merchandising. Luangkan waktu untuk mengevaluasi informasi tersebut, buatlah keputusan sesuai dengan perilaku target pelanggan utama anda. Lakukan penyesuaian seiring dengan bertambahnya konsumen. Konsumen adalah bisnis anda, jadi selalu perhatikan siapa langganan anda. Berikan pelayanan sesuai keinginan mereka dan mereka pasti akan kembali. Pelajari Persyaratan Perijinan Pemasangan material promosi sangat penting, pastikan bahwa anda telah mengantongi ijin sebelum memasangnya. Dalam pemasangan material promosi (spanduk, umbul-umbul, dll) di area sekitar anda, biasanya ada pembatasan-pembatasan. Banyaknya jumlah yang dapat dipasang sangat tergantung pada kebijakan di area tersebut. Pastikan anda mendapatkan tempat, jika anda harus berebut dengan pemasang yang lainnya. Persyaratan pemasangan material promosi berbeda-beda, termasuk juga waktu pengurusan dan biayanya, tergantung pada areanya. Tampilah Dengan Meriah Jadikan Grand Opening sebagai event. Jadikanlah sebagai suatu hal yang menyenangkan, lalu anda akan mendapat perhatian dan partisipasi yang besar dari konsumen.

Jadikan acara itu sebagai bagian dari masyarakat dengan cara mengundang hampir seluruh penduduk sekitar. Pita-pita, balon-balon dan musik akan menambah kemeriahan, pastikan anda menggunakannya. Antusiasme anda akan segera menular. Supplier mungkin dapat membuat hadiah-hadiah yang tidak mahal, namun akan dapat menambah kesan yang tak terlupakan. Pikirkanlah ide mengenai tema dan beberapa sentuhan akhir. Ini adalah event besar. Usaha-usaha maksimal akan sangat berharga. Susun Rencana Grand Opening Perlu waktu lama untuk membangun “awareness” yang dapat mempengaruhi tingkah laku masyarakat dan merubah rutinitas belanja mereka. Sebagian besar orang cenderung mengikuti rutinitas mereka yang sudah terbentuk dan enggan berubah. Jadi buatlah mereka mengenal anda dan menjadikan anda sebagai bagian dari rutinitas mereka.

Contohnya seperti dalam Grand Opening Mall besar atau hypermarket. Mereka sebelum grand opening melakukan kerjasama dengan merchant atau merk terkenal untuk mengisi beberapa stand. Merchant ini juga termasuk toko furniture yang mendisplay Kursi Makan Minimalis Dan Beberapa Sofa Ruang Tamu Modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar